Powered by Blogger.

Masukkan email untuk produk terbaru

Lebih Mengenal Tentang Kebaya Bali

Lebih Mengenal Tentang Kebaya Bali
Kebaya merupakan salah satu pakaian khas Indonesia yang dipakai untuk acara – acara tertentu. Wanita yang mengenakan kebaya akan terlihat cantik dalam acara yang dihadirinya. Apalagi bagi gadis bali yang ingin tampil cantik dalam balutan kebaya bali waktu ke pura untuk sembahyang. Kebaya bali memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan kebaya – kebaya yang ada di Indonesia. Walaupun desain kebaya bali sekarang sangat berbeda dengan kebaya zaman dahulu. Namun, para desainer tidak akan menghilangkan unsur – unsur kebudayaan dan adat istiadat dalam kebaya bali tersebut. Hal ini dimaksudkan agar kebaya bali tidak kehilangan ciri khasnya sebagai warisan dari nenek moyang.

Sejarah dan tradisi kebaya bali
Kebaya bali adalah busana atasan yang sering dikenakan oleh kaum perempuan bali sebagai baju yang digunakan waktu sembahyang. Penggunaan kebaya bali disertai dengan sewek atau kemben. Bisa juga dilengkapi dengan kain endek, kain sutra maupun dengan kain songket. Sejarah kebaya bagi orang bali memiliki makna yang sangat kuat. Pada zaman hindia belanda, masyarakat bali tidak mengenal baju kebaya, mereka hanya menggunakan kain panjang yang dililitkan di bawah payudara dan akan membentuk seperti kemben di bawah payudara. Jadi, wanita bali zaman dahulu tidak memiliki baju penutup payudara mereka. Namun, semenjak pengenalan kebaya bali di bagian puri istana, kebaya bali mulai dikenal oleh masyarakat secara perlahan – lahan.

Orang bali menganggap pakaian bali yang berupa kebaya tidak memiliki unsur kesakralan yang kuat. Mereka menggunakan kebaya bali sebagai simbol adat istiadat dan budaya Indonesia yang harus dijaga kelestariannya. Kebaya bali dapat dipakai dalam acara apapun, baik wisuda, kondangan, ataupun pemujaan. Karena jenis kebaya ini memiliki sifat yang menunjukan kerapian, kesopanan dan keserasian.

Sama halnya dengan beberapa kebaya yang di Indonesia, kebaya bali juga memiliki ciri khas tersendiri. Pada kebaya bali kerah membentuk huruf V. Pembuatan kebaya bali lebih memilih kain brokat yaitu kain transparan yang memiliki motif menonjol dengan aplikasi yang ada di dalamnya, namun, kebaya bali memiliki hal yang menonjol yaitu kain yang dililitkan di pinggang sebagai ikat pinggang yang biasa disebut dengan senteng. Senteng bisa langsung diikatkan dengan kebaya atau terpisah. Kebaya modern di bali saat ini tidak lepas dari tangan – tangan dari para desainer.

Keistimewaannya kebaya bali tidak hanya dikenal oleh masyarakat bali saja melainkan hampir di seluruh rakyat Indonesia. Kebanyakan wanita yang tertarik pada kebaya bali karena keunikannya. Dengan adanya hal ini maka kebaya modifikasi akan semakin mudah untuk didapatkan di Indonesia. Masyarakat Indonesia mungkin setuju bahwa kebaya bali akan melengkapi keberagaman budaya Indonesia dengan keunikannya sendiri.

Harga kebaya bali
Untuk harga kebaya bali, para designer dan penjahit memiliki penentuan tersendiri. Penentuan harga kebaya bali ditentukan oleh 2 faktor yaitu bahan pembuatan dan model kebaya itu sendiri. Walaupun bisa dikatakan baju kebaya bali memiliki harga yang lumayan terjangkau bagi kantong kita. Namun, jika kebaya bali dibuat dengan kualitas kain brokat yang bagus maka harga kebaya bali pun akan dibanderol dengan sangat mahal.

Dan juga semakin rumit model kebaya bali pasti akan lebih mahal. Kebaya bali dengan tambahan payet – payet dan bross akan memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan harga – harga kebaya bali pada umumnya. Namun yang perlu diingat semakin tinggi kualitas bahan dan pembuatannya maka akan semakin bagus hasil yang kita inginkan namun dengan Konsekuensi harga kebaya bali yang mahal.

0 comments:

Post a Comment

 
2012 kebaya Bali dan Asesoris | Blogger Templates for HostGator Coupon Code Sponsors: WooThemes Coupon Code, Rockable Press Discount Code